Curug Awang Sukabumi Terbaru
Curug Awang Sukabumi. Foto : https://www.instagram.com/deimran16/

Curug Awang Sukabumi—Bicara mengenai air terjun, Kabupaten Sukabumi merupakan daerah yang memiliki banyak sekali air terjun dan yang keren-keren dan memiliki keunikan masing-masing. Hal ini tidaklah mengherankan karna geografis Sukabumi yang berbukit-bukit dan memiliki banyak aliran sungai yang menjadikan banyaknya air terjun di Kab.Sukabumi.

Baca Juga CURUG BIBIJILAN AIR TERJUN CANTIK DITENGAH HUTAN PINUS DI SUKABUMI

Maka dari itu untuk kalian yang suka sekali menjelajah air terjun, Kab.Sukabumi harus ada dalam list perjalanan kalian. Kalian gak akan kehabisan spot air terjun pokonya, terutama daerah selatan Kab.Sukabumi banyak sekali air terjun cantik yang bisa kita explore, baik yang sudah dibuka untuk umum maupun yang belum dikelola sama sekali.

Dan salah satu air terjun yang sudah dikelola dan dibuka untuk umum yaitu Curug Awang. Air terjun ini salah satu air terjun yang masuk kedalam kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu (UGG Ciletuh-Pelabuhan ratu) Sukabumi. Lebih tepatnya berlokasi di Desa.Taman Jaya Kec.Ciemas Kab.Sukabumi.

Curug Awang Sukabumi
Curug Awang Sukabumi | Foto : Silangkah Kaki

Curug Awang memiliki bentuk yang unik karna bentuknya yang lebar tidak seperti air terjun kebanyakan. Saat debit air tinggi Curug awing akan memiliki bentuk yang lebar penuh dan menjadikan air terjun ini terlihat lebar, namun saat debit air kecil hanya bagian pinggir saja yang dialiri oleh air. Dan dibawahnya terdapat kolam yang cukup besar yang bisa digunakan untuk berenang, namun harus tetap berhati-hati karna kolam ini cukup dalam. Didekat Curug Awang juga ada sati lagi air terjun yang disebut Curug tengah dan kedua air terjun ini memiliki satu aliran sungai yang sama dengan Curug Puncak Manik, namun akses ke Curug Tengah belum dibuka, jadi kita hanya bisa menimmatinya dari atas saja.

  • Akses Jalan

Jika kita lewat jalur baru Loji, kita bisa terus saja mengikuti jalan raya melewati pantai palangpang menuju kearah Panenjoan atau Kec.Ciemas yang berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari pantai Palangpang. Nanti akan melewati perkebunan kelapa sawit, dan tepat sebelum Ampiteater Panenjoan kita belok kanan masuk ke kebun sawit, sekitar 5 menit kita akan sampai di area parkir Curug awang.

  • Tiket Masuk

Kita hanya membayar parkir kendaraan sebesar Rp.5.000 untuk sepeda motor dan Rp.10.000 untuk mobil.

Baca Juga Situ Dewa Dewi Cipiit Danau Yang Dikelilingi Hutan Pinus Di Selatan Sukabumi

  • Fasilitas

Fasilitas di Curug Awang Sukabumi cukup lengkap mulai dari tempat parkir, toilet, mushola, dan warung yang menjual makanan dan minuman. Jadi tidak perlu bawa dari rumah kita bisa jajan dilokasi, bahkan kitapun bisa memesan kelapa muda dengan harga yang terjangkau.

Curug Awang Sukabumi
Curug Awang Sukabumi | Foto : Silangkah Kaki
  • Atraksi

Curug awang memiliki beberapa atraksi wisata atau yang menjadi daya Tarik bagi pengunjung:

  1. yang pertama sudah pasti air terjun itu sendiri yang merupakan atraksi utama disini.
  2. terasering sawah milik petani yang akan kita lalui saat berjalan menuju air terjun dan akan menambah keindahan alam sekitar air terjun tentunya.
  3. Adanya trekking yang terbuat dari kayu dan disusun sangat rapi hingga mencapai ke depan air terjun. Tentunya dengan adanya trekking seperti ini menjadikan Curug Awang lebih instagramable karna sangat cocok untuk spot foto-foto.
  • Tips

Jika ingin melihat Curug Awang dengan bentuk yang sempurna, datanglah saat musim hujan karna debit air cukup tinggi.

Itu dia bahasan Si langkah kaki mengenai Curug Awang, semoga bisa bermanfaat dan jadi referensi buat liburan kalian kalau berkunjung ke Sukabumi. Jangan lupa jaga kebersihan dan kerapihan tempat yang kita kunjungi ya, buang sampah pada tempatnya oke. Sampai jumpa di kesempatan lainnya.

Artikulli paraprakBukit Sabak Sukabumi Tempat Yang Cocok Buat Camping Ceria Bersama Teman
Artikulli tjetërPANTAI CITEPUS PELABUHANRATU PANTAI YANG PALING DEKAT DARI PUSAT KOTA SUKABUMI

9 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini