Jualan Foto di Shutterstock

Virus Corona di Indonesia sudah mau ulang tahun yah, semoga aja umurnya gak panjang biar semua kembali normal seperti sediakala. Memang virus Covid-19 ini membawa banyak perubahan bagi kebiasaan masyarakat kebanyakan, yang paling terasa tuh aktivitas sosial kita yang jadi terbatas karena adanya virus satu ini. Dan banyak juga orang yang mulai sadar akan pentingnya sidejob atau pekerjaan sampingan yang dapat menopang pendapatan utama kita setelah banyak yang kehilangan penghasilan utama mereka.

Jual Foto di Shutterstock
Aplikasi Shutterstock Mobile

Salah satunya dengan lebih memanfaatkan teknologi, salah satunya dengan menjual foto di situs Shutterstock. Situs ini merupakan salah satu situs microstock atau situs yang menyediakan berbagai macam foto, gambar vector, bahkan video bagi mereka yang membutuhkan, karena di dunia ini banyak sekali orang-orang yang membutuhkan konten foto, vector, ataupun video namun mereka tidak mempunyai waktu atau kemampuan untuk membuatnya sendiri, maka dari itu mereka akan memilih mencari dan membelinya di internet yang salah satunya di situe Microstock seperti Shutterstock.

Kenapa Shutterstock?

Kita tahu banyak sekali situs microstock yang ada di internet seperti: freepik, alamy, dreamstime, istock,  dan masih banyak lagi, dari sekian banyaknya situs microstock kenapa kita pilih Shutterstock? Jawabanya adalah

  • Shuterstock merupakan situs microstock yang paling banyak penggunanya sehingga peluang foto kita terjual akan lebih besar.
  • Untuk sekarang mendaftar ke Shutterstock tidak memerlukan Passport tidak seperti dulu, jadi lebih memudahkan bagi yang tidak memiliki buku Passport.
  • Foto kita mudah diterima dan tampil di galeri Shutterstock.
  • Tersedia shotlist atau daftar foto yang trend setiap bulannya sebagai acuan untuk kita membuat konten foto.
Jual Foto Shutterstock
Shutterstock Contributor

Bagaimana Cara Kita Menghasilkan Uang Dari Shutterstock?

Cara kita menghasilkan uang dari Shutterstock adalah dengan cara kita menjadi contributor Shutterstock itu sendiri, kita bisa langsung mendaftar sebagai contributor di situs Shutterstocknya langsung. Tapi perlu diingat disini kita tidak serta merta mendaftar langsung diterima ya, tapi kita akan di seleksi oleh tim Shutterstock apakaah kita layak menjadi kontributornya atau tidak.

Tapi itu dulu ya, sekarang kita setelah mengisi data diri bisa langsung upload foto ataupun video. Namun foto-foto atau video yang kita upload akan dikurasi terlebih dahulu oleh pihak Shutterstock apakah foto atau video yang kita upload layak untuk masuk ke galerinya Shutterstock.

Jadi usahakan kirimkan foto terbaik kalian agar foto atau video kalian di terima oleh pihak Shutterstock. Berikut langkah-langkah untuk mendaftar menjadi contributor Shutterstock:

Halaman daftar Shutterstock
  1. Buka halaman dashboard kontributer Shutterstock (Shutterstock Contributor). Untuk lebih mudah menemukan halaman kontibuter Shutterstock kalian bisa langsung klik link Shutterstock Contributor ini.
  2. Isi data pribadi seperti: Nama lengkap dan alamat email yang aktip agar berhasil diverifikasi, kemudian klik Next
  3. Verifikasi email dengan cara klik tautan yang dikirimkan Shutterstock ke alamat email kamu.
  4. Jika Sudah berhasil di verifikasi selanjutnya adalah mengisi kembali data diri namun yang ini lebih lengkap, isi dengan sebenar-benarnya ya.
  5. Jika sudah nanti akan masuk ke halaman dashboard Shutterstock kamu dan mulai bisa mengupload foto.
Halaman daftar Shutterstock, situs jual beli foto

Jika sudah begitu kamu sudah menjadi contributor Shutterstock, tapi ingat upload foto yang bagus ya, yang bagus disini yang bagus menurut tim curator Shutterstock.

seperti apa foto yang bagus menurut curator itu?

  • Foto yang tajam, karena nanti foto kita akan di zoom hingga 100% untuk memastikan foto itu tajam.
  • Foto yang jernih, tidak ada noise atau bintik-bintik kecil pada foto
  • Tidak mengandung unsur fornografi.
  • Foto hasil karya sendiri, karena jika ketahuan milik orang lain mungkin akun Shutterstock kamu akan di baned oleh pihak Shutterstock.

Tips

Jika foto kamu gagal diterima Shutterstock nanti, coba kamu cek apa alasan foto itu tidak diterima dengan cara mengklik foto di bagian reviewed content, kemudian cobalah perbaiki dengan melakukan editing atau jika tidak bisa cobalah untuk mengambil ulang foto.

Jika foto kamu berhasil diterima, coba kamu klik bagian edit foto kemudian maksimalkan hashtag foto kamu hingga mencapai 50 agar lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli nantinya.

Oke itu dia cara-cara mendaftar menjadi contributor Shutterstock, untuk di ingat di dunia ini tidak ada yang instan begitupun dengan menjadi contributor Shutterstock, kamu harus rajin-rajin mengupload foto agar lebih mudah ditemukan calon pembeli karena nanti foto kamu akan bersaing dengan jutaan foto lain dari seluruh dunia, jadi kalian harus punya semangat juang yang tinggi.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat, dan terimakasih sudah membaca. Sampai jumpa…

Artikulli paraprakMENIKMATI PAGI DI SELABINTANA SUKABUMI
Artikulli tjetërAIR TERJUN YANG MUDAH DIJANGKAU, CURUG CIMARINJUNG SUKABUMI

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini