SAPABENTALA.com – Berbicara mengenai keindahan alam, Kabupaten Sukabumi memang selalu mampu menyuguhkan tempat-tempat keren yang mengundang decak kagum.

Seperti banyak orang tahu jika salah satu daerah di Jawa Barat ini dianugerahi landskap yang luar biasa mengagumkan mulai dari keindahan pegunungan hingga keeksotisan pantai.

Pasir Datar, menjadi salah satu daerah yang memiliki keindahan alam pegunungan sangat memukau di Sukabumi. Bisa dibilang jika Pasir Datar menjadi salah satu desa terindah di Sukabumi.

Mungkin banyak yang belum tahu dengan desa di kaki Gunung Gede Pangrango ini. Pasir Datar merupakan nama sebuah desa di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga: Fina Farm Sukabumi, Lokasi Wisata yang Miliki Landscape Mirip New Zealand

Letaknya yang tepat berada di kaki salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat ini menjadikan desa tersebut memiliki udara sangat sejuk.

Selain itu, desa yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Sukabumi ini juga dianugerahi tanah yang subur sehingga dimanfaatkan warga setempat untuk lahan pertanian.

Maka tak heran saat berkunjung ke sini kamu akan melihat hamparan perkebunan sayuran mulai dari wortel, bawang, kol tomat dengan latar Gunung Gede Pangrango menjulang.

Sejauh mata memandang kamu akan disuguhkan pemandangan menawan dan layering perbukitan serta pohon pinus yang memanjakan mata.

Apalagi saat cukup cerah, semua keindahan panorama di sekitar Pasir Datar kian membuat takjub siapa saja yang melihatnya.
Meski bukan merupakan lokasi wisata, namun banyak warga Sukabumi yang berkunjung ke sini hanya sekedar untuk menikmati indahnya alam yang dianggap bak lukisan tersebut.

Baca Juga: Puncak Robin, Cara Baru Menikmati Wisata di Palabuhanratu Sukabumi Selain Pantai

Pasir Datar Sukabumi
Suasana pagi di desa Pasir Datar Sukabumi | Foto: sapabentala.com

Rute Menuju ke Pasir Datar

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Pasir Datar, dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 30 – 40 menit dari pusat Kota Sukabumi.

Yang pertama kamu bisa melewati Jalan Kadudampit yang menuju arah wisata Situ Gunung. Namun, sebelum wisata taman strawberry kamu belok kiri ke jalan Citamiang-Kadudampit.

Kemudian lanjutkan perjalanan menuju jalan Cimahi Girang, dan setelahnya belok kanan ke Jalan Cibogo. Setelah itu, tinggal ikuti jalan tersebut menuju desa Pasir Datar.

Yang kedua bisa melewati Jalan Cibaraja Selajambe. Untuk rute yang satu ini, titik masuknya yaitu di pertigaan Cibaraja yang tidak jauh dari Rumah Sakit Betha Medika.

Baca Juga: 3 Danau Yang Tidak Terlalu Jauh Dari Pusat Kota Sukabumi

Setelah masuk di Jalan Selajambe, teruskan perjalanan menuju jalan Cimahi Girang, kemudian belok kiri ke Jalan Cibogo dan teruskan perjalanan menuju Desa Pasir Datar.

Atau jika bingung bisa buka Google maps dengan mengetikan desa Pasir Datar Indah. Jika jaringan kurang mendukung, cara terakhir yaitu bertanya ke warga sekitar jalan menuju Pasir Datar.

Pasir Datar Sukabumi
Suasana pagi di desa Pasir Datar Sukabumi | Foto: sapabentala.com

Tips Berkunjung ke Pasir Datar

Usahakan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Kenapa, karena di sana masih sangat sulit ditemukan kendaraan umum, ya paling mamang-mamang ojek.

Lalu tips selanjutnya yaitu datang lah saat pagi atau sore dimana matahari belum terlalu terik dan ditambah udara yang sangat sejuk menyegarkan. Tapi kalau disuruh milih sih lebih milih pagi kalau ke sini, sekalian lari pagi.

Baca Juga: KERAJINAN TANGAN DARI LIMBAH BUAH PINUS

Jangan lupa, saat berkunjung ke Pasir Datar tetap utamakan menjaga perilaku dan tata krama seperti meminta izin ke pemilik kebun jika kebetulan sedang ada di lokasi saat akan berfoto di sana.

Lalu jangan sampai mengganggu aktivitas petani di sana ya, sama yang paling penting, jangan buang sampah sembarangan.
Itulah sekilas tentang Pasir Datar yang menjadi salah satu desa paling indah di Kabupaten Sukabumi.

Artikulli paraprakFina Farm Sukabumi, Lokasi Wisata yang Miliki Landscape Mirip New Zealand
Artikulli tjetërBerkunjung ke Curug Larangan, Air Terjun Tersembunyi di Geopark Ciletuh

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini