SAPABENTALA.com – Berkunjung ke Geopark Ciletuh-Palabuhanratu bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu libur. Ada banyak spot menarik yang bisa didatangi ketika berkunjung ke salah satu UNESCO Global Geopark yang ada di Sukabumi ini.

Deretan pantai eksotis, kemegahan air terjun, hingga mengenal budaya leluhur masyarakat Sunda yang masih dijaga di kasepuhan-kasepuhan yang ada di kawasan ini. Itu semua menjadi beberapa daya tarik orang berkunjung ke Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

Namun, saat berniat berlibur ke kawasan ini ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar liburan kamu tetap nyaman dan menyenangkan, apa saja? Berikut ulasannya.

1. Tentukan Spot Tujuan

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat berniat berkunjung ke Geopark Ciletuh yaitu membuat rencana tentang spot mana saja yang nanti akan dikunjungi. Pasalnya, di kawasan ini ada banyak sekali spot menarik mulai dari wisata alam, budaya, sejarah yang tersebar di delapan kecamatan yang termasuk kawasan Geopark.

Baca Juga: Mau Backpackeran? Jangan Lupain Hal-hal Penting Ini Ya!

Kamu bisa mencari informasi yang tersebar di internet mengenai spot mana saja yang menurut kamu menarik untuk dikunjungi lalu membuat list kunjungan.

2. Siapkan Waktu

Mengingat luasnya kawasan ini dengan berbagai spot menarik, usahakan untuk menyiapkan waktu yang cukup jika akan berlibur ke Geopark di Sukabumi ini.

Jika kamu dari luar kota, minimal siapkan waktu dua hari jadi kamu bisa gunakan sehari untuk perjalanan dan istirahat dan sehari lagi untuk mengunjungi spot yang sudah kamu rencanakan.

Namun jika kamu ingin lebih leluasa menjelajahi setiap spot menarik, usahakan untuk menyiapkan waktu lebih dari itu. Tak perlu khawatir soal penginapan karena di kawasan ini terdapat banyak penginapan dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Ngopi, Ngemil dan Ngobrol Santai di Kedai Awitali, Tempat Favorit Pas ke Sukabumi

Atau jika kamu ingin lebih merasakan suasana petualangan, bisa juga mendirikan tenda dan camping bersama teman.

Curug Awang Geopark Ciletuh Palabuhanratu
Curug Awang Geopark Ciletuh Palabuhanratu | Foto: Sapabentala.com

3. Gunakan Pakaian yang Sesuai

Pakaian juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Gunakan pakaian yang nyaman untuk berkegiatan outdoor, karena umumnya saat berkunjung ke kawasan Geopark kamu akan lebih banyak pergi ke spot wisata alam seperti air terjun, pantai dan sebagainya.

Jangan lupa juga membawa alas kaki yang nyaman untuk melakukan treking karena beberapa spot khususnya air terjun mengharuskan pengunjung untuk berjalan kaki lumayan jauh dari tempat parkir seperti menuju Curug Larangan, Curug Cikanteh atau Puncak Manik.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Tempat Ngopi di Sukabumi Menikmati Pahit Kopi dan Hangatnya Obrolan

4. Siapkan Fisik

Karena banyaknya spot menarik di Geopark Ciletuh mengharuskan pengunjung menyiapkan fisik yang prima karena bertualang mengunjungi spot-spot tersebut akan membutuhkan energi.

Apalagi jika kamu mengemudi sendiri kendaraan untuk menuju ke kawasan Ciletuh tentu akan membutuhkan energi yang lebih agar mampu berkonsentrasi sepanjang perjalanan.

5. Siapkan Kondisi Kendaraan

Ini juga tak kalah penting, pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam keadaan sehat baik itu mesin, sistem penerangan terutama sistem pengereman kendaraan.

Baca Juga: Berkunjung ke Curug Larangan, Air Terjun Tersembunyi di Geopark Ciletuh

Pasalnya, di kawasan ini kamu akan melewati jalan berkelok. Apalagi saat memutuskan untuk melewati jalur sabuk Geopark (jalur Loji) jalan disini terkenal dengan turunan dan tanjakan yang curam serta berkelok-kelok sehingga sangat menguji keahlian pengendara dan dibutuhkan kendaraan dengan kondisi prima untuk melewatinya.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan ketika akan berkunjung ke kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Sukabumi. Semoga bermanfaat!

Artikulli paraprakLiburan Bawa Anak Balita Bisa Tetap Asik Kok, Simak Nih 8 Tipsnya
Artikulli tjetërLangsung Gass, Simak Nih 9 Tips Liburan ke Jogja Bagi Pemula

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini