SAPABENTALA.com – Saat melakukan kegiatan outdoor seperti hiking, camping, atau bersepeda, sangat penting untuk mempersiapkan perlengkapan medis yang memadai.

Hal tersebut penting dilakukan karena bahaya selalu mengintai saat berkegiatan outdoor mulai dari tergores atau tertusuk ranting, digigit serangga dan masih banyak lagi yang membutuhkan pertolongan medis.

Peralatan ini bisa digunakan sebagai pertolongan pertama sebelum nantinya memeriksakan dan merawat lebih lanjut di rumah sakit. Berikut adalah daftar perlengkapan medis yang sebaiknya disiapkan:

Baca Juga: 13 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berenang di Sungai Biar Liburan Aman

1. Pertolongan Pertama Dasar

Ada beberapa perlengkapan pertolongan pertama dasar yang harus disiapkan mulai dari plester dalam berbagai ukuran, kain kasa steril dan pembalut, pita perekat medis, gunting medis, pinset dan sarung tangan medis.

2. Antiseptik dan Pembersih Luka

Yang kedua yaitu antiseptik dan pembersih luka seperti alkohol swab atau tisu alkohol, larutan antiseptik (seperti povidone-iodine), dan krim antibiotik.

3. Obat-obatan

Obat-obatan juga harus tersedia untuk keadaan darurat seperti obat pereda nyeri (seperti paracetamol atau ibuprofen), obat anti alergi (seperti antihistamin), obat anti mual, obat diare atau obat pribadi lain sesuai kebutuhan (seperti obat asma atau diabetes).

Baca Juga: Curug Cibeureum Sukabumi: Harga Tiket Terbaru, Kondisi Trek dan Tips

4. Peralatan Penanganan Cedera Serius

Selain perlengkapan untuk mengatasi luka terbuka, kita juga harus mempersiapkan peralatan penangan cedera serius seperti pembalut elastis untuk keseleo atau cedera sendi dan kantong es instan.

5. Perlengkapan Lainnya

Kemudian ada bisa juga menyiapkan perlengkapan tambahan seperti buku panduan pertolongan pertama, cermin kecil (untuk membantu dalam kasus cedera wajah atau mata, hingga kantong plastik untuk menyimpan sampah medis.

Selain peralatan-peralatan tersebut, jika masuk hutan kita bisa membawa minyak kayu putih untuk mengobati gigitan serangga atau yang parah seperti gigitan pacet hutan.

Baca Juga: Up Kukira Sukabumi: Nikmati Pahitnya Kopi dan Hangatnya Obrolan

Pastikan juga untuk melakukan pelatihan dasar pertolongan pertama sebelum berangkat, sehingga dapat menangani situasi darurat dengan lebih efektif.

Selain itu, simpan semua perlengkapan medis dalam tas tahan air untuk menjaga kebersihannya dan mudah diakses.

Artikulli paraprakNagara Hot Spring Kolam Air Panas yang Hits di Garut
Artikulli tjetërPantai Batu Bintang Sukabumi: Tiket, Daya Tarik hingga Fasilitas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini